Blog versus Website


Sering kali orang masih bingung dengan perbedaan Web dan Blog. Apa sebenarnya Web  dan Blog itu?Saya akan coba untuk menjelaskannya menurut sumber yang saya ketahui.
 Web adalah kumpulan halaman yang bisa dilihat melalui software/program browser internet (Internet Explorer, Firefox, Google Chrome, Safari, Opera, dll), dimana menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya. Kumpulan halaman tersebut saling bertautan satu sama lain (hyperlink) yang membentuk satu/beragam rangkaian informasi. Berdasarkan kegunaannya, website terbagi menjadi banyak nama turunan, misal : website company profile, shopping online, catalog online, news publishing, blog (weblog), forum, member online, dll. Blog sendiri berasal dari kata Web dan Log, adalah sistem website yang berguna untuk organisir publikasi data teks, gambar, video, audio, dan animasi. Karena sistem blog dibangun menggunakan database, maka publikasi data terorganisir (berdasar waktu dan kategorisasi) dengan baik bagaikan sebuah buku log (catatan kronologis peristiwa).
Munculnya website sistem blog tidak bisa lepas dari asal sejarah penamaan Blogger. Blog pertama kali diciptakan oleh sebuah perusahaan IT di San Fransisco bernama Pyra Labs pada bulan Agustus 1999 dengan co-founder bernama Evan Williams dan Meg Hourihan. Program blog tersebut akhirnya diberi nama Blogger.
Blogger dimulai, dengan cara sederhana, dan akhirnya membesar, selama beberapa tahun. Pada akhirnya, Blogger dibeli oleh Google Inc pada tahun 2003 dan bertahan sampai sekarang. Oleh pendirinya, Blogger sejatinya berfokus untuk menolong orang memiliki suara mereka sendiri di web dan mengorganisasikan informasi dunia dari perspektif perorangan.
Karena blog adalah sebuah sistem website, maka programmer website berlomba-lomba menciptakan sistem blog yang bisa digunakan oleh orang awam sekalipun (user friendly). Maka bermunculan produk-produk sistem blog yang banyak kita jumpai, semisal blogspot.com, wordpress.com dll.

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering dingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Dari dua kutipan di atas, inilah yang bisa aku simpulkan:
  • Blog merupakan sebuah web application.
  • Blog bisa dikatakan sebagai situs/website dengan penyajian tulisan yang khas.
  • Perbedaan website dengan blog adalah website harus menyajikan layanan tertentu. Sifat ini tidak dimiliki blog secara umum.
Jelas bahwa ciri khas blog adalah penyajian konten/posting yang terbalik, posting yang lama terletak paling akhir. Sedangkan, disebutkan di atas bahwa website itu memiliki layanan tertentu, misalnya layanan email, layanan berita, dan lain-lain. Ya, ini sajalah perbedaan keduanya secara istilah. Tapi, benarkah hanya perbedaan ini yang kita tangkap selama ini?
Sering sekali saya menangkap pendapat teman-teman tentang blog dan website. Yang aku tangkap, mereka berpendapat bahwa website itu kaya akan konten atau rame isinya dan desainnya itu beda. Kemudian, mereka juga berpendapat bahwa blog itu ya blogspot, wordpress, dan lain-lain.
Jangan salah teman-teman, kita tidak bisa mengait-ngaitkan antara blog dengan blogspot, wordpress, dan kawan-kawannya. Kita keliru jika memandang desain suatu halaman yang membuat dia kita judge sebagai website atau blog. Pendapat ini lho kawan yang perlu kita update. Hehe
Untuk blogger blogspot memang defaultnya mereka menyediakan layanan untuk kita ngeblog. Tapi, jika kita mengolah halaman tersebut, kita bisa kok merubahnya menjadi website (yaitu website yang sudah kita definisikan bersama artinya di atas).
Apalagi kalau kita membicarakan Wordpress. Wordpress merupakan Content Management System, sebuah aplikasi web yang bisa kita gunakan untuk mengatur konten di halaman yang kita kelola. Aku bilang dia mengelola halaman, aku gak bilang mengelola blog atau website. Wordpress itu sangat luwes, seperti Joomla. Apa yang dia kelola bisa disulap menjadi blog atau website.

Ez Area

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Selalu gunakan bahasa yg baik dan santun dalam berkomentar. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan kirim via email info.ezrafel@gmail.com